Optimalkan Blog dengan SEO

by - 1:18:00 PM

Hi Beauties

Kali ini bahasannya agak berat ya. Udah kaya sok expert ngasih-ngasih tips hahah. Enggak deng, ini seriusan mau berbagi ilmu yang aku dapat aja.
Sesuai pepatah  “ilmu kalau dimakan sendiri gak akan bermanfaat” lebih baik dishare ke yang lain supaya berkah dan bisa diingat juga ilmunya.
Ini kali kedua aku ikutan #NgopiCantik bareng Beautiesquad, sesi yang pertama “ Bikin Flatlay Photo buat Pemula”


Optimalkan Blog dengan SEO


Sesi kedua ini dibawakan oleh kak Shintaries, ada yang tau gak siapa sih kak Shintaries ini.
Nah jadi beliau ini adalah Founder & Strategic Planner Blogger Perempuan. Yang udah gabung sama Blogger Perempuan pasti tau deh sama beliau.
Sewaktu diInstagram Beautiesquad muncul informasi ini, aku seneng banget ada kelas SEO-nya. Secara udah hampir 4 tahun ngeblog aku bener-bener buta sama SEO. Taunya posting habis itu share ke social medias.
Jadi ya harap maklum bep aja traffic blog enihh ala kadarnya banget.
Kalau boleh bilang, SEO ini rada gampang-gampang susah kaya kamu mau diajak balikan sama mantan *ehh (gue lagi baper seminggu ini).

Karena kalo materi cuma dipantengin kelihatannya mudah tapi tanpa ada praktek ya sia-sia, giliran dipraktekin kok susah yaa. Dan teknik SEO ini gak semudah membalikan telapak tangan, jadi memang butuh proses agar berhasil dan naik secara perlahan.

Sebelumnya kita bahas apa aja yang harus dilakukan, mari kita mengenal SEO dulu.
SEO (Search Engine Optimization) artinya adalah optimasi mesin pencari. Sehingga tulisan diblog kita harus dioptimasikan terlebih dahulu supaya mudah ditemukan dimesin pencari.

Nilai plus bagi kita-kita yang niche blognya beauty, tema ini lebih mudah terindeks (mendapatkan tempat spesial bagi mbah google).

Biar lebih mudah memahami, kita bagi dua bagian yaa.

Teori
1.Otoritas Blog
So, otoritas blog ini artinya kepemilikan blog. Jadi google lebih suka blog dengan akun  yang non-anonim dan identitasnya jelas. Buat hal ini kita bisa mengisi data di https://aboutme.google.com kalau bisa diisi semua datanya dan nama domain yang dimiliki blog didaftarkan dengan email yang sama yaa.

Nama lain dari otoritas blog ini adalah Domain Authority (DA), akhirnya kejawab juga yak yang bingung DA itu apa. Skala nilainya 1-100 semakin besar nilainya, semakin sering muncul dipencarian google.

2.Konten Blog
Google lebih menyukai blog yang isinya hasil nulis sendiri, bukan hasil copy paste, harus natural dan organic *udah kaya makanan yaa organik*.
Dan yang paling penting adalah rutin update bep, kalau bisa tiap hari. Tapi ini masih jadi PR buat aku secara sekarang udah mulai kuliah, kerja dan ngeblog ciihuyyy banget badan rasanya sakit-sakit kurang tidur demi nulis artikel-artikel  diblog.

Konten juga berupa foto dan video ya bep, karena pas kita nyari sesuatu hasil foto sama video juga bakalan keluar. Nah ini salah satu guna me-rename foto dan video yang mau kita add ke postingan loh, selain itu manfaatkan alt+tag ketika mau memposting foto dan videonya.

Alt+Tag ini biasa aku pakai juga :


Optimalkan Blog dengan SEO



Kita mau mereview lipstick, kalau foto aku biasa mengubah namanya menjadi : nama-brand-jenis-lipstick-review-ayuris-beauty-diary-nomor.jpg ( misalnya wardah-exclusive-lip-cream-shade-02-review-ayuris-beauty-diary-1.jpg ). Nomor dibelakangnya ini berguna agar foto bisa berurutan ketika mau diupload. Nah ini aku pakai postingan yang ini yaa


Optimalkan Blog dengan SEO



3. Template Fast Loading
Nah heran gak kenapa template aja diperjual belikan, padahal mah gampang ya pakai aja yang gratis gak usah yang mahal hahah. Kalau cuma sebatas template cantik aja gak mungkin bisa mahal, jadi juga dibutuhkan template yang SEO friendly dan berperan hingga 60-80%.

Google membutuhkan waktu sepersekian detik untuk loading dan memunculkan postingan dihalaman pertamanya. Kalau template kamu banyak script, ornament, music serta image yang gedhay gedhay tobat ya bep. Diganti aja.

Hindari penggunaan script slider kalau ukurannya gedhay dan resize-lah foto sebelum diupload. Usahakan maksimal lebar 600 pixel dengan ukuran 300kb. Selain bisa fast loading kamu bisa menghemat kuota ketika upload foto (hemat khann).

4. Mobile Site
90% akses ke website, blog dan aplikasi melalui mobile. Jadi kalau blog gak bisa dibaca secara mobile ya bakalan ditinggalkan readers. Coba aja deh bayangkan kalau kamu butuh sesuatu tapi pas dibuka masya allah loadingnya dan gak mobile site, mundur perlahan tekan close tab.

5.Backlink
Ini yang terakhir bep, backlink. Sesungguhnya ini yang paling susah dimengerti.
Ini yang paling banyak menentukan posisi dan prestasi blog. Makin banyak backlink, makin menjadi yang pertamalah dihatinya google.
That’s why blog dengan posisi utama di SEO, DA-nya akan tinggi, pengaruhnya juga dari backlink.


Teknis
Kalau enih lebih keprakteknya. Jadi biasakan double check sebelum dan sesudah publish mana tau typo, ibaratkan kau mau chat orang nama panggilannya Yan, eh salah ketik jadi Yang.
Dan terakhir berdoa hahah.
Hasilnya gak instan tapi malah long lasting.

Nah ini peraturan teknisnya:
1.Menaruh kata kunci yang menarik tapi ada nama brandnya.
 Misalnya: lipstick orange Emina Lip Color Balm ini oke juga. Tapi jujur ini yang agak susah diterapkan keblog aku.

2.Ubah permalink.
Kalau dilihat diujung sidebar kanan pas mau publish kamu bisa check disitu ada permalinknya. Biasanya yang muncul adalah apa yang kamu ketik dijudul postnya, tapi bisa kamu ubah menjadi link tersendiri biasnya aku ubah menjadi nama brand serta barang yang akan direview.

 


Optimalkan Blog dengan SEO



3.Jumlah kata.
Google lebih suka range kata 800-1000. Banyak yang menyarankan 1000 kata, tapi buat beauty post 800 kata udah cukup. Nah jadi aku sempat mau memperpendek postingan yang akan diposting, kayanya aku bakal panjangin lagi deh artikelnya.

4.Image.
Resize bepp jangan lupa, lalu rename menjadi KEYWORD seperti : nama-brand-jenisnya-review-nomor.jpg (kaya yang udah aku jelasin dibagian artikel tadi).

5.Internal dan Eksternal Link
Selalu tambahkan link ketulisan lain diblog kita maupun blog lain bep. Related post da read more dihalaman awal juga diperlukan sebagai internal link. Tapi jangan gunakan related post yang ada diblogroll yang ada di sidebar yak arena dianggap gak baik terlalu banyak link yang keluar.

6.Meta Deskripsi
Enihh juga yang paling penting, harus diaktifkan. Baik di blogspot (setting -> search -> description) dan di wordpress dengan plugin.
Karena ini merupakan ringkasan konten kita yang akan muncul di pencarian. 

Jadi intinya, usaha dari dalamnya ya itu konten, internal linik, eksternal link, template, dan image. Kalau dari luar adalah si backlink. Buat dapatin backlink ini susah-susah gampang. Bisa beli/bayar atau mau blogwalking itu balik lagi ke kamu. 


Nah gimana udah ngerti? Masih belum ngertikah? Aku juga masih dikit-dikit ngertinya tapi lumayan membantu banget sesi ngopic cantik 2 ini. Jadi minggu depan aku mau bahas part 2-nya karena kepanjangan dan bosenin kalau dalam satu post.

See you next post
Loves
Ayuri 





Facebook / Page / Ask.fm / Instagram / Twitter / Youtube / Contact.Ayuri@gmail.com


You May Also Like

0 komentar

Hello fellas~
Write your comment in the box, and wait for approval. I love to read every comment :)
Please click "Notify Me" so when your comment have replied you can get notification^^

Part Of Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Part of KBBV

Komunitas Beauty Blogger & Vlogger

Part Of Girls Inspired Group

GIG

Part Of Indonesian Female Blogger

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Part Of Beautynesia Blogger

beautynesia blogbeautynesia