Tips Mudah Untuk Jaga Kulit Saat Berpuasa

by - 4:42:00 AM




Hi Sweet Hearts!
Yay ketemu lagi disesi Thursday Tips kali ini. Actually aku bingung banget mau bahas apaan untuk sesi ini. Dapat inspirasinya ketika kulit aku lagi dehidrasi banget dibulan puasa kali ini. Mungkin sebagian dari kalian taunya aku punya kulit yang berminyak-kombinasi, tapi ternyata kulit aku berubah type menjadi kombinasi-dehidrasi. Sumpah yaa didahi aku tuh jadi jelas banget garis-garisnya. Selain itu kulit kelihatan kasar banget, kelihatan kering tapi berminyak. I can’t describe it!


Banyak faktor yang menyebabkan kulit bisa berubah type. Nah kalau untuk aku sendiri yaitu kurang minum. Karena kalau sahur aku bukan orang yang bakalan selera buat makan ataupun minum. Aku gak merasa dimuka aja yang berubah, kekulit badan dan kondisi fisikpun rasanya berubah. Jadi serba salah.

So dari hasil searching sana sini dan apply ke diri sendiri, aku menyimpulkan beberapa hal yang dapat membantu kita menjaga kulit tetap sehat selama puasa. Apa aja sih? Yuk baca tips-nya dibawah ini yaaa.

1.Hidrasi dan Nutrisi

Yap bener banget, nomor 1 yang harus kita perbaiki adalah hidrasi kulit kita. Karena dehidrasi itu beda ya sama kulit kering, dimana kalau kulit kering itu kurang produksi minyaknya tapi kalau kulit dehidrasi kekurangan kadar air didalam tubuh kita. Jadi kita harus hidrasi kulit kita.

Hidrasi ini bisa melalui dalam yaitu dengan menjaga asupan makan dan minum, utamakan makanan berserat dan minum minimal 2-3 liter air perharinya. Dan buat aku minum 2-3 liter perhari bukan hal yang gampang, harus pintar-pintar kita mengaturnya. Kalau aku 3-4 gelas pas buka puasa, 2-4 gelas setelah tarawih, pas mau tidur 3 gelas, dan pas sahur 2 gelas. Kadang suka nambah lagi. Pokoknya pintar-pintar kita. Bisa juga bikin insfused water dengan buah-buahan biar lebih semangat pas minumnya.

Kalau untuk suplemen kulit yang dari dalam alias diminum sih ini optional ya, karena aku tipe orang yang susah minum obat. Susah masuk kemulut rasanya, terus kalaupun bisa bosenan banget anaknya. Minum 2 minggu terus lupa mau minum lagi. Aku suka skip ini kadang.

Sedangkan hidrasi dari luar ini berupa perawatan. Kita harus pakai skincare yang fungsinya menghidrasi kulit baik dari cleansing, toner, masker sampai ke cream. Kalau aku sendiri mostly pakai yang water based product. Dan produk-produk itu diantaranya : Nature Republic Aloe Soothing Gel, Pixy Aqua Gel Cream, Garnier Sakura White Essence & Night Cream, Klaire Anti Pollution Essence dan lain-lain. Gak harus ngikutin apa yang aku pakai, pakai aja apa yang kamu punya, yang cocok dan fungsinya menghidrasi.


Aku juga menghindari facial wash acne series dari brand apapun, karena mostly kulit akan lebih kering dan bisa aja mengelupas. Kalaupun mau pakai cari yang fungsinya untuk melembapkan juga. Hindari juga terlalu sering mencuci muka, iya biarpun rasanya panas maunya cuci muka aja  biar segar. Salah gaiss, kebiasaan ini malah bikin kulit kering juga. Jadi aku sediain face mist dari DIY Aloe Face Mist buat semprot-semprot sekaligus melembapkan.


2.Jangan skip sunblock!

Aku gak akan cerita panjang lebar lagi karena aku udah pernah bahas di Thursday Tips sebelumnya gimana pentingnya sunblock itu. For me, ini beneran must have items. Jambi bisa sampai 32-35 derajat celcius dengan indeks UV sedang – tinggi. 30 menit aja aku kena sinar matahari udah belang deh. FYI Aku suka pakai aplikasi AccuWeather buat cek suhu dan indeks UV ini.


3.Istirahat yang cukup

Gak dipungkiri waktu kita buat istirahat itu dibulan puasa jadi berkurang. Jadi sebisa mungkin jaga waktu tidurnya, entah jadi tidur cepat atau ditambah tidur siang itu terserah kamu. Pokoknya usahakan 8 jam. Aku sih ini no problem ya, tidur aku bisa kapan aja dan dimana aja. Tapi aku tuh bingung ya tidur cukup udah, nangis enggak, ini mata aku kenapa sembab terus sihh. Gak heran deh kalau kalian cek instagram aku, kelihatan banget sembabnya. Sembab everyday kalau kata temen kampus aku. Mungkin kalian ada tips buat mengatasi dan menyamarkannya? Sharing dikolom komentar yaa.


4.Last but not the least, olahraga

Siapa bilang kalau puasa ga boleh olahraga?. Salah banget yaa, biar rohani dan jasmani kita sehat usahakan olahraga juga ya. Bisa lakuin dengan olahraga ringan, you can google it lah pokoknya. Ini yang belum bisa secara rutin aku lakukan, tapi minimal seminggu aku harus ada olahraga sekitar 2-3 kali. Aku biasanya intip dari youtube juga sih olahraga ringan-ringan gitu.

Oke gaisss hal-hal ini sih yang aku terapin dan Alhamdulillah kulit aku sedikit membaik. Lumayan daripada sebelumnya. Seneng aja tiap kacaan tuh gemes pengen pegang muka dan elus-elus kulit tangan hahaha.

Sekian deh sesi kali ini, semoga tips kali ini bermanfaat ya. Dan kalian bisa request mau aku bahas apa disesi selanjutnya, kalau ada kesempatan bakalan aku bahas.

See you on my next post
Loves
Ayuri'



Facebook / Page / Ask.fm / Instagram / Twitter / Youtube / Contact.Ayuri@gmail.com

You May Also Like

0 komentar

Hello fellas~
Write your comment in the box, and wait for approval. I love to read every comment :)
Please click "Notify Me" so when your comment have replied you can get notification^^

Part Of Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Part of KBBV

Komunitas Beauty Blogger & Vlogger

Part Of Girls Inspired Group

GIG

Part Of Indonesian Female Blogger

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Part Of Beautynesia Blogger

beautynesia blogbeautynesia